PENYULUHAN HUKUM PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Dalam rangka meningkatan pelayanan publik serta mensosialisasikan peraturan-peraturan hukum, Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum kepada masyarakat desa wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pada hari ini, Rabu 30 Mei 2018, Penyuluhan Hukum dilaksanakan di desa Tubuhue dan Pengadilan Negeri So’e Kelas II diundang untuk memberikan materi-materi hukum yang diwakili oleh Bapak Muslih Harsono, S.H., M.H., selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri So’E. Narasumber lain yang menyampaikan penyuluhan hukum adalah dari Polres Timor Tengah Selatan, Kejaksaan Negeri Timor Tengah Selatan, dan Bagian Hukum Setda Timor Tengah Selatan.

Para peserta yang hadir mengikuti kegiatan penyuluhan hukum tersebut meliputi masyarakat Desa Tubuhue dan juga di hadiri para tokoh masyarakat maupun tokoh agama serta ibu-ibu PKK, dengan mengambil tempat di Kantor Desa Tubuhue.

Gambar : Proses Berlangsungya Penyuluhan

Tujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan penyuluhan hukum ini adalah untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan untuk sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan dimana nantinya para peserta diharapkan dapat menyebarluaskan di lingkungannya masing-masing tentang materi yang telah disampaikan.

Sambutan dari para peserta sangat baik dengan adanya beberapa kali sesi tanya jawab, yang selanjutnya dari tanya jawab tersebut berkembang tidak saja terhadap materi yang telah disampaikan namun juga permasalahan-permasalahan hukum lain yang terjadi di masyarakat. Hal ini menandakan adanya keinginan yang kuat dalam lingkungan masyarakat untuk lebih tertib dan taat hukum.